Sabtu, Desember 18

Salak Enggano.


Gambar. Salak yang tumbuhliar di Pulau Enggano
Lazimnya Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Akan tetapi asal-usul salak yang pasti belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina, Papua Nugini, Queensland dan juga Fiji.Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda, yakni S. sumatrana Becc.. S. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani, yakni var. zalacca dari Jawa dan var. amboinensis (Becc.) Mogea dari Bali dan Ambon. 

Kerajaan              : Plantae
Divisi                     : Magnoliophyta
Kelas                     : Liliopsida
Ordo                      : Arecales
Famili                    : Arecaceae
Genus                   : Salacca
Spesies                 : S. ?

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah salak Sidimpuan dari Sumatera Utara, salak condet dari Jakarta, salak pondoh dari Yogyakarta dan salak Bali. (http://id.wikipedia.org/wiki/Salak).

Untuk salak liar Enggano boleh jadi sebagai sebuah  Spesies lain dari Jenis yang selama ini telah dikenal para ahli botani. Apakah ada Ahli botani yang tertarik ke Enggano untuk mengkajinya lebih jauh? atau memang telah ada nomenklatur untuk Spesies salak yang tumbuh di Pulau Enggano? [rrr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar