Senin, Januari 24

Burung Kacamata Jambul Ambulans: Berkicau Sangat Merdu

Kehicap Ranting (Hypothymis azurea)
Entah apa nama ilmiyah dari burung ini, mungkin ada bisa yang bantu?. Salah seorang  penangkap (pemburu) Beo Enggano menyebutnya Burung Kacamata Jambul Ambulans (panjang juga ya?). Bunyinya merdu dan nyaring dan seperti Ambulans. Sedikit berjambul dan berkacamat. "pakai kaca mata minus" kata si mantan pencari beo, "Jika burung kacamata, sudah pake kacamata plus" Sambungnya.
 Burung ini biasanya dijumpai dibawah tajuk pohon di hutan yang lebat, dan sangat jarang dijumpai di tempat terbuka. Tidak seperti burung Kacamata Enggano, Burung ini lebih sering dijumpai dalam keadaan menyendiri. Bergerak sangat lincah, untuk itu tidak mudah untuk bisa menangkap bayangannya dengan kamera. Suka bermain-main diranting pohon atau perdu dan tubuh berukuran relatif kecil.
Bagi para pengamat burung, tentu sebuah keberuntungan bisa mendengar kicauan  merdu burung yang satu ini. Namun butuh kesabaran untuk bisa mengamatinya secara seksama dialam liar sana. Bagi yang berminat, si mantan pemburu beo, siap memandu anda.

Lihat Juga
Burung Betet Enggano

Burung Betet Enggano Menjadi Hama?

Anggrek Bulan Enggano
Ular Laut di Pelabuhan Kahyapu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar