Senin, Januari 24

Burung Betet Enggano Menjadi Hama?

Entah apa yang salah, ketika alam tidak lagi bersahabat. Burung Betet Ekor Panjang (Psittacula longicauda) yang bisa dijumpai di Pulau Enggano dianggab sebagai hama oleh masyarakat setempat. Diantara tanaman masyarakat yang diserang adalah tanaman pisang.
Tidak ada yang tau pasti apa penyebab dari konflik ini. Yang jelas, tentu ada sesuatu yang tidak seimbang di alam. Karena tentu Allah SWT menciptakan alam ini sudah dengan sangat seimbang dan sempurna.
Gambar. Tandan pisang dibalut karung
Para pecinta binatang khususnya burung, tentu tidak ingin Burung Betet Enggano ini di buru dan dibunuh ibaratnya hama. Untuk itu tentu ini salah satu masalah yang menarik dan penting untuk diteliti dan ditinjau lebih jauh. Sembari mencari solusi yang bijak.
Untuk saat ini, masyarakat yang menanam pisang hanya bisa mengantisipasi dengan membalut tandan buah pisang dengan menggunakan karung atau kantung plastik seadanya. Untuk saat ini mungkin itu yang hanya bisa diperbuat.

Lihat Juga
Burung Betet Enggano
Anggrek Bulan Enggano
Ular Laut di Pelabuhan Kahyapu

Burung Kacamata Jambul Ambulans: Berkicau Sangat Merdu

1 komentar:

  1. Tolong tulis info bagaimana formula untuk ternak burung serindit. Sebab masih sulit di ternak. Hanya beberapa orang yang terpantau bisa ternak. Itupun skala kecil. Dan minim informasi.

    BalasHapus