Sabtu, Desember 18

Sungai Unik di Teluk Berhau

Gambar. Jembatan di Mulut Sungai Buntu
Sungai Buntu, begitu masyarakat setempat (yang didominasi masyarakat migran keturunan Bugis) menyebut sungai ini. Secara administratif sungai ini masuk kedalam Desa Banjar Sari, ia merupakan anak Sungai Berhau. Berjarak kira-kira 1.5 Km dari bibir pantai Teluk Berhao. Di bagian hulu sungai ini terdapat sebuah danau, oleh masyarakat setempat disebut Danau , disekitar danau ini merupakan habitat dari Kerbau Air yang hidup liar.

Yang unik dari sungai ini adalah aliran airnya yang menembus tanah sehingga disebut dengan Sungai Buntu. Tembusan alirannya dijumpai sejauh lebih kurang 300 m kearah utara. Menurut penduduk setempat dimulut sungai sering dijumpai ikan Pelus dalam ukuran super besar. Selain itu baru-baru ini penduduk setempat menangkap buaya dengan ukuran lebihkurang sepanjang 7 m. Bahkan penduduk setempat mengaku pernah menjumpai Buaya Muara yang besarnya jauh lebih besar dari ukuran tersebut. Sayangnya buaya yang ditangkap warga dibunuh, karena telah memangsa 2 ekor anjing milik warga. 

Ada penduduk yang mengaku pernah menabur tuba jenis putas seberat 2 Kg kedalam sungai tersebut, "Anehnya tak ada 1 ikanpun yang mati" ujar warga Banjar Sari keturunan Bugis tersebut. Walau sangat disayangkan atas tindakan warga tersebut karena menggunakan zat beracun yang tentunya merusak lingkungan, tetapi kejadian tersebut tergolong aneh.

Memang sungai yang unik. Atau ada yang berani menyelam untuk mengungkap misteri sungai tersebut? [rrr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar