Minggu, Desember 19

Peta Proyeksi Enggano zaman Belanda 1726-1755

Peta. Proyeksi Enggano 1726 - 1755 oleh Johannes van Keulen
Peta dengan skala 1: 350.000 dibuat oleh seorang navigator belanda bernama Johannes van Keulen. Saat ini peta ini disimpan Museum Maritim Belanda. Hak cipta dipegang oleh Museum Maritim Belanda. Diagram bagian pantai barat Sumatera dengan pulau Enggano ini mengindikasikan bahwa Pulau Enggano diakses melalui Daratan Pesisir Lampung. Mengingat pada saat itu Bengkulu masih dikuasai oleh Inggris sedangkan Pulau Enggano merupakan areal jajahan Belanda.
Gambar. Kepingan Logam yang ditemukan warga disekitar Muara Berhau
Dari peta tersebut diketahui bahwa pada saat itu Teluk Berhau merupakan pusat pelabuhan yang penting. Dinama pada akhirnya pada abad ke-19 Berhau mulai ditinggal oleh penduduk Enggano kearah pesisir utara-timur pulau Enggano. Namun masih ditemukan beberapa benda-benda sisa perkampungan lama yang telah ditinggal. 
Diketahui pula bahwa pada zaman itu setidaknya terdapat 11 Pulau Kecil yang ada disekitar Pulau Enggano. Dimana pada masa sekarang hanya tersisa 3 Pulau kecil. Termasuk diantaranya pulau yang hilang adalah Pulau Satu yang sekarang hanya tinggal seonggok batu karang mati yang terendam air laut. 
Mari dukung konservasi Enggano. [rrr]

4 komentar:

  1. aduh aku lupa nyimpan data kayak ini, coba coba cari, masih ada peta yang sejenis ini yang di buat portugis dan inggris

    dang

    http://rejang-lebong.blogspot.com

    BalasHapus
  2. The to begin these video platforms to be sold
    was Vine, released early on in 2013. The Insta - Profit - Gram system taps to the
    power and rise in popularity of Pay - Pal to ensure that
    you just get each and every dollar that you just earn from your photos.
    However, now these page owners and profiles owners can certainly work
    on their popularity without much hard work.

    Here is my web-site ... iDigic

    BalasHapus