Sabtu, Desember 17

Mendamparkan Diri di Pulau Dua

Hamparan pasir putih dengan suasana pemandangan laut yang dangkal.
Pulau Dua dengan luas 38.90 Ha dan keliling 2.68 km terletak tidak jauh dari Pelabuhan Ferry di Desa Kahyapu. Dari pelabuhan bisa diakses dengan menggunakan perahu dengan memakan waktu lebih kurang 15 menit dengan jarak lebih kurang 1.5 km dari Pelabuhan.
Menuju Pulau Dua dengan perahu nelayan
Suasana pulau kecil begitu terasa dengan vegetasi yang didominasi oleh kelapa yang menjulang tunggi, tidak heran  karena dulunya Pulau Dua memang penghasil kopra terbesar di Kepulauan Enggano, selain dulunya juga merupakan salah satu perkampungan yang penting.Namun sekarang hanya terdapat beberapa pondok nelayan dan pondok pemilik kebun kelapa. Karena lokasi ini dulunya bekas perkampungan, maka bisa dijumpai beberapa makam kuno dan tempat pemandian yang pernah digunakan oleh pemuka masyarakat di zamannya.

Bercanda gurau di sekitar pulau

Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Pulau Dua diantaranya memancing, snorkling, tracking, atau hanya sekedar menikmati swasana yang jauh dari kebisingan pemukiman.

Air laut yang jernih dengan terumbu karang yang tumbuh dilaut dangkal nan tenang menjadikan perairan di sekitar Pulau Dua sangat cocok untuk lokasi penyelaman permukaan (snorkling). Setelah menikmati indahnya alam bawah air tentunya kerongkongan bisa disegarkan kembali dengan air kelapa muda yang mudah didapat di sekitar pulau.

Ber snorkling ria

Pada malam hari yang cerah sangat cocok untuk bercengkerama dibawa sinar bulan yang terang sembari menikmati hasil tangkapan ikan yang mudah didapat disekitar pulau. 

6 komentar:

  1. Its a beautiful island with white sand and clear water,and have beautiful underwater scenery. So, I promised, I'll visit back again to this island next time.

    BalasHapus
  2. Indahnya! Tapi sepertinya belum ada paket tour ke sana ya. Banyak masyarakat Bengkulu harus menahan keingi-tahuannya tentang pulau Enggano. Maju terus, semoga jaya di darat dan di laut.. agussuandi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak... Sukses slalu..

      Hapus
  3. bang, kalo mau ke enggano naiknya dari pelabuhan mano di Bengkulu.trus kira2 berapa dana yg dibutuhkan untuk wisata ke sana, tolong infony ya bang.........makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, sudah hampir setahun baru bisa dibalas.
      Ke Enggano bisa dua jalur pelabuhan.
      1. Kapal Ferry: Ongkos Rp.50.000/kepala jadwal 2 kali dalam seminggu(kalau normal biasanya selasa sore dan jumat sore)
      2. Kapal Perintis, dari Pulau Baai berangkat sore hari dengan jadwal pelayaran 2 kali/15 Hari atau dari Pelabuhan Linau 1 kali/15 hari. Maaf kapal yang ini memang agak membingungkan jadwalnya.

      Hapus