Rabu, Februari 16

Pulau Enggano di Ancam Sawit

Gambar. Persemaian Kelapa Sawit di Pulau Enggano
Pulau Enggano terancam serangan hama yang bernama Kepala Sawit, mengapa dikatakan demikian? Berdasarkan penelitian, sawit membutuhkan sekitar 12-24 liter air per hari. Jika ini dibiarkan akan mengakibatkan bencana baru bagi pulau Enggano. Perlu diingat Pulau Enggano sebagai pulau kecil yang membutuhkan kawasan penyangga yang relatif lebih luas dan sebagai daerah tangkapan air.
Berdasarkan Penelitian Studi Daya Dukung Lingkungan Pulau Enggano Propinsi Bengkulu merekomendasikan;  Penebangan pohon di Pulau Enggano harus dipertimbangkan dan direncanakan secara matang sesuai dengan kegunaan dan kebutuhannya, mengingat kondisi tanah yang dangkal menyebabkan tanah di Pualu Enggano miskin hara sehingga sangat sulit untuk pemulihan kawasan hutan. Akankah dibiarkan Kelapa Sawit menjadi hama di Pulau Enggano?

1 komentar:

  1. Artikelnya cukup baik, gen. Desain blognya juga keren informasinya cukup banyak. Aku sarankan, tampilkan juga follower dalam blog ini. Agar pengunjung bisa mengikutinya. Selamat berkarya terus!

    http://sep3w.blogspot.com

    BalasHapus